"

Kontraktor Spesialis Atap/Kanopi Membrane

20+ Inspirasi Atap Membrane Tribun Stadion



Sejak era milenial dan eranya sepak bola modern kita semakin disuguhkan oleh industri sepak bola yang sangat spektakuler, perkembangannya juga sangat pesat melibatkan perputaran uang hingga miliaran dolar. Hal itu juga ditandai oleh banyaknya stadion-stadion megah yang bermunculan untuk memfasilitasi  tuan rumah dalam menggelar pertandingan. Makin ke sini kita makin ditunjukkan oleh rancangan-rancangan stadion megah yang membutuhkan dana tidak sedikit. Dibangunnya stadion-stadion baru juga menuntut penggunaan teknologi baru terutama dalam struktur dan rangka atap. Atap dari bahan membran yang juga merupakan terobosan material abad 20 juga kerap digunakan untuk menutup atap tribun stadion. 

Berbagai macam keunggulan bahan membran yang pernah disebutkan di artikel sebelumnya sangatlah mendukung penggunaannya sebagai atap stadion antara lain:


1. Bobot yang ringan


Berat atap membran yang tidak sampai 2 kg per meter persegi cukup membuatnya menjadi pilihan utama untuk atap bentang lebar, karena atap yang berat akan membutuhkan struktur rangka yang berat pula. Dengan menggunakan atap membran, ahli struktur tidak perlu memikirkan beban yang terlalu banyak pada bagian sehingga bobot besi yang digunakan akan berkurang. Dengan bobot struktur yang ramping perancang dapat menampilkan bentuk struktur yang estetis sehingga enak dipandang mata.




2. Tingkat kelenturan yang tinggi


Kan membran merupakan salah satu bahan grade yang kuat namun lentur. Ini membuatnya menjadi bahan tekstil yang memiliki daya tahan dan cocok digunakan untuk bangunan. Sifat lentur membuatnya dapat mengikuti berbagai bentuk arahan desain. Karena itu kita sering disuguhkan bentuk atap yang variatif pada stadion-stadian yang beratapkan membran.





3. Warna yang cerah


Warna yang cerah yang umumnya putih membuatnya bertahan lebih lama dalam keadaan bersih. Warna membran yang putih tidak membuatnya cepat kusam, melainkan mudah untuk melunturkan sendiri kotoran dan debu ketika hujan. Sifat bahannya yang licin memudahkan bahan membran untuk dimaintenance dan dibersihkan. Tanpa ada segmen-segmen yang menyimpan kotoran, kebersihan atau perawatan akan lebih mudah dibanding atap lainnya yang sudut-sudutnya dapat menyimpan debu.





5. Mudah dipadu padankan dengan material lainnya.


Tingkat fleksibilitas serta permukaan yang netral memudahkannya untuk dipadukan dengan material-material lainnya seperti baja, alumunium, beton maupun bata. Kemudahan ini dapat memberikan kekuasaan bagi arsitek dalam mengkomposisikan rancangan dan material. 












6. Dapat mencapai bentang yang jauh dan luas


Berkaitan dengan bobotnya dan ringan beserta sifatnya yang fleksibel membuat bahan membran mampu dibentangkan hingga puluhan meter. Dengan menggunakan bahan membran, struktur tidak membutuhkan banyak tiang yang menjadikan setiap atap stadion menjadi lebih bebas pandangan tanpa terhalang oleh struktur penyangga.






Artikel Lainnya :

Inspirasi Atap Kanopi Membrane untuk Taman Umum - Part 1

Desain 3D Atap Membrane Gerbang Portal

Desain Shelter Parkir Membrane Mobil, Motor & Sepeda