"

Kontraktor Spesialis Atap/Kanopi Membrane

Proses Pengerjaan Shelter Parkir Membrane 4 Mobil



Hasil Pemasangan Tenda Membrane Shelter Parkir



Video Proses Konstruksi Atap Membrane Shelter Parkir

Awal tahun 2021 kami berkesempatan untuk membuat sebuah shelter parkir untuk kantor yang berada di kawasan Kuningan Jakarta Selatan. Sebelumnya kantor sudah memiliki shelter parkir yang berbahan baja kanal C serta beratap polikarbonat. Struktur ini sudah mulai rusak karena faktor umur dan cuaca. Karena itu tim kami diminta untuk mengikuti proses tender yang diadakan perusahaan untuk mencari kandidat pelaksana konstruksi shelter parkir ini. Tim Pesona Membrane memenangkan tendernya dan pekerjaan kami mulai pada bulan April 2021. 




Kondisi Awal Sebelum Pemasangan Tenda Membrane

3D Desain Rencana Shelter Parkir


3D Desain Rencana Shelter Parkir


Tampak Samping Rencana Shelter Parkir

Tampak Atap Rencana Shelter Parkir


Proses Pemasangan Pondasi 

Proses Penggalian dan Persiapan PondasiPekerjaan diawali dengan penggalian pondasi tapak setempat sebanyak 5 titik pondasi. Pondasi dirancang dengan kedalaman dan dimensi yang memadai untuk menopang tiang tunggal disatu sisi shelter parkir. Penempatan rangkaian tiang disatu sisi shelter parkir bertujuan agar proses keluar masuk kendaraan tidak memiliki hambatan sama sekali sehingga pengguna akan merasa lebih nyaman tanpa khawatir mobilnya menabrak tiang. Kapasitas shelter parkir yang direncanakan adalah sebanyak 4 mobil dan beberapa unit motor. Penggalian pondasi dilakukan sesuai dengan ukuran yang direncanakan. Sementara penggalian pondasi dilakukan, atap lama masih dipertahankan agar menjadi naungan saat proses pengerjaan.Produksi Rangka Di Workshop




Proses Konstruksi Rangka Shelter Parkir

Proses Fabrikasi di Workshop 


Sementara penggalian dan pengecoran pondasi dilakukan, produksi di workshop pesona membrane juga dimulai. Pemotongan besi-besi yang akan dipergunakan sebagai tiang dan rangka sesuai gambar desain dari arsitek. Kami menggunakan besi-besi pipa berukuran 4", 3", 2,5" dan 2". Rangkaian besi pipa 4" dan 3" difungsikan sebagai tiang. Selain itu besi 2,5" dan 2" difungsikan sebagai rangka atap. Kelengkungan rangka atap utama kami atur agar terlihat estetis namun tetap memiliki kekuatan yang dapat diandalkan. 

Rangka atap dan pasangan atap membrane harus kuat dan tetap kokoh menerima beban angin dan beban rangkanya sendiri. Karena itu dilakukanlah perencanaan dengan gambar dan dihasilkan construction drawing untuk diperiksa oleh klien kami. Setelah construction drawing disetujui, fabrikasi rangka baja baru dapat kami mulai. 

Pengerjaan di workshop atau bengkel kerja kami melingkupi pekerjaan dari bahan besi batangan menjadi rangkaian-rangkaian baja struktur hingga sinkromat dan finishing. Pekerjaan ini kami lakukan dalam tim dan melibatkan tenaga-tenaga ahli dibidang konstruksi las baja dan finishing. Pengelasan yang kurang bagus akan mengakibatkan sambungan-sambungan komponen baja memiliki kelemahan sehingga mudah rusak terkena terpaan cuaca. Pengelasan yang baik serta finishing yang sempurna menjamin kekuatan struktur baja yang kami buat akan tahan lama dan bertahan dalam terpaan cuaca maupun angin. 

Sewaktu besi-besi baja sedang dalam proses fabrikasi, pekerjaan pondasi sudah berlangsung dan menunggu proses pengeringan. Diharapkan setelah fabrikasi rangka baja selesai pondasi sudah mengering dengan baik dan memiliki kekuatan yang optimal. Tidak lupa untuk kelengkapan pondasi ditanamkan 6 buah angkur yang akan terkoneksi dengan baseplat dari tiang-tiang rangka. Baseplat ini dibuat seukuran dengan pedestal yang akan terlihat sebagai dasar peletakan tiang.

Proses Finishing Rangka Atap Shelter Parkir




Proses Finishing Rangka Atap Membrane

Proses Pendirian Tiang 

Setelah fabrikasi tiang dan rangka selesai, tiba saatnya untuk membawanya kelokasi pemasangan. Rangkaian besi tiang yang sudah dilengkapi baseplat dipersiapkan dilokasi untuk dipasangkan pada angkur yang terlebih dahulu sudah tertanam di tiap-tiap pondasi. Pendirian tiang dilakukan dengan menimbang serta memastikan kelengkungan bentangan atap sesuai dengan yang direncanakan. 




Proses Finishing Gerbang Tiket Membrane


Proses Perakitan Atap Membran


Perakitan atap membran membutuhkan hasil pemasangan rangka yang lengkap dan sesuai dengan gambar rencana konstruksi. Kesalahan atau perbedaan ukuran konstruksi baja dengan gambar akan menimbulkan ketidaksesuaian hasil pemasangan atap membran. Selisih pemasangan kain atap membran akan membuat kondisi atap menjadi kurang maksimal. Kurang maksimalnya pemasangan atap akan membuat kondisi tenda membran rentan terhadap gaya dari luar seperti angin dan air hujan. Perakitan atap membrane juga membutuhkan perangkat-perangkat atau aksesoris yang sesuai dengan konstruksi rangka nya. 

Dengan hasil perakitan yang baik dan sesuai ukuran rangka, kain atap membran yang terpasang akan optimal serta tahan lama. Hasil ini yang selalu menjadi keunggulan tim pemasangan kami, karena hasil pemasangan atau perakitan atap yang tidak sempurna akan membuat banyak masalah akan terjadi pada kondisi atap dikemudian hari. 




Hubungi Kami untuk Hasil Terbaik Atap Membrane di Lokasi Anda


Hubungi kami untuk hasil yang terbaik akan atap membran yang anda inginkan. Kami merupakan kontraktor tenda membrane yang berpengalaman belasan tahun didunia konstruksi tenda membrane. Kami menjamin hasil yang terbaik terpasang dilokasi anda. Selain itu atap membran yang terpasang akan berfungsi maksimal serta memberikan estetika yang baik jika dipasang oleh tenaga yang ahli dan berpengalaman. 

Pesona Membrane
Telp. WA : 0812-9377-9257
pesonamembrane@gmail.com