"

Kontraktor Spesialis Atap/Kanopi Membrane

Proses Cleaning & Maintenance Atap Membrane


Seperti halnya material-material lain untuk bangunan, bahan membrane juga membutuhkan pembersihan dan perawatan. Di negara kita yang beriklim tropis ini hujan & panas akan hadir silih berganti. Selain itu kelembaban dan debu juga dapat berpengaruh ke permukaan kain membran.

Proses pencucian/cleaning membran



Proses pencucian/cleaning membran

Noda Dari Faktor Debu

Hujan sejatinya merupakan air yang turun dan pastinya akan membasahi permukaan membran. Hujan yang deras dan lama sangat ampuh membersihkan debu-debu yang sempat menempel disaat panas. Namun jika debu sudah menempel agak lama dan menjadi berlapis-lapis, pembersihan dengan proses hujan masih menyisakan debu yang lapisannya belum tersentuh. Debu ini akan bertahan lama jika tidak dilap / diusap. 

Proses pencucian/cleaning membran

Debu yang makin lama makin menumpuk akan membuat warna permukaan membran berubah tidak lagi putih. Pada foto-foto pengerjaa  kami terlihat jelas bahwa noda debu yang sudah bertumpuk lama ketika dibersihkan akan membuka kembali permukaan membran putih.

Noda Dari Faktor Kelembapan


Noda yang muncul pada membrane akibat dari faktor kelembapan udara juga mungkin terjadi walaupun frekuensinya membutuhkan waktu lama. Jika atap membran mengalami perawatan 1x dalam setahun hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Namun jika membran tidak dirawat dalam jangka waktu 3 tahun kelembapan akan menimbulkan bercak-bercak seperti berjamur. Bercak yang timbul karena jamur ini kadang berwarna hijau, kadang kuning ataupun hitam.

Noda semacam ini akan muncul ketika air menyerap memasuki serat tepi kain membran. Air yang meresap dan masuk kedalam serat membran akan berpotensi menimbulkan jamur yang merambati serat membran. Noda semacam ini sangat sulit dibersihkan dan kemungkinan besar tidak bisa dibersihkan karena terdapat dibagian serat dalam permukaan membran. 

Proses pencucian/cleaning membran


Noda Dari Faktor Hujan

Hujan seringkali mampu membersihkan debu-debu. Namun debu yang menempel agak lama tidak akan terpengaruh oleh guyuran air hujan. Justru noda debu & asap karbon jika tidak tersapu air maka akan makin menempel ke permukaan membrane dengan adanya air. Selain itu pemasangan bahan membrane mesti bebas dari genangan air dikemudian hari. Jika pemasangan atap memungkinkan terjadinya genangan air maka kemungkinan besar noda akibat air yang menggenang tidak dapat dibersihkan.

Noda Karat

Selain noda tersebut, besi yang bereaksi dengan air hujan dapat menimbulkan karat. Karat ini jika larut kembali kedalam air hujan akan terbawa dan menodai kain membran. Ini juga perlu diwaspadai, banyak kontraktor membran yang tidak berpengalaman kurang memperhatikan hal ini sehingga bahan membran yang putih banyak terkena noda karat dari besi yang terkena air. 

Noda Karat Pada Membran dapat Muncul dari :

1. Plat Baja 
2. Sisi Rangka
3. Drat
4. Sling
5. Camplate

Proses cleaning bagian dalam atap membran



Proses cleaning bagian dalam atap membran

Noda Bagian Bawah Atap

Tidak seperti bagian permukaan luar, bagian dalam atap membrane tidak terlalu terekspos oleh cuaca luar. Karena itu bagian ini tidak terlalu sulit dibersihkan kecuali jika sudah terkena noda karat. Namun walaupun bersih bagian bawah ata membran juga mencerminkan noda dibagian luarnya walaupun hanya sekian persen. Tapi jika yang dipasang merupakan membran blockout hal ini dapat diatasi karena membrane blockout tidak bersifat menembuskan cahaya. 


Proses cleaning bagian dalam atap membran



Hasil cleaning bagian dalam atap membran




Hasil cleaning bagian dalam atap membran




Hasil cleaning bagian dalam atap membran

Kesulitan pembersihan bagian dalam atap ialah untuk menjangkaunya. Jika pada bagian luar atap tim kami dapat menaiki permukaan atap (dengan pengamanan dan keahlian khusus) bagian dalam ini perlu kita jangkau menggunakan scafolding serta alat-alat yang memadai untuk menunjang proses pembersihan luar & dalam atap.


Rangka baja membran juga membutuhkan perawatan

Selain pembersihan permukaan membran, Pesona Membrane juga menyediakan jasa pengecatan dan perawatan rangka baja membran. Hal ini dikarenakan permukaan besi juga rawan akan noda terutama debu dan karat. Noda permukaan besi umumnya berasal dari paparan debu bercampur emisi karbon kendaraan jika berlokasi dipinggir jalan. Noda yang bertumpuk banyak umumnya pada posisi ketiak atau sudut-sudut rangka.


Rangka baja membran juga membutuhkan perawatan





Pengecatan ulang rangka atap membran

Selain terkena noda, besi yang sudah di cat sekalipun lama kelamaan akan menunjukkan cacat pada permukaannya. Cat yang mengelupas, berpori atau timbul benjolan-benjolan kecil sudah umum terjadi pada struktur rangka yang berumur diatas 5 tahun. Dengan adanya pengelupasan cat maka karat pasti akan muncul dan merembet kepermukaan lainnya.

Karena itu rangka membran juga membutuhkan perawatan secara berkala. Pengecatan ulang perlu dilakukan dalam jangka waktu 3 tahun karena dalam jangka waktu 3 tahun akan ada cat-cat yang mengelupas, warna yang pudar serta banyak noda-noda menempel. Jika ingin struktur membran kembali terlihat cerah dan bersih maka perlu dilakukan kegiatan pengecatan ulang.

Pengecatan ulang rangka atap membran



Pengecatan ulang rangka atap membran

Tahapan Maintenance Rangka Membrane

1. Mengamplas permukaan2 yang menggelembung & mengelupas
2. Mendempul bagian-bagian yang mengelupas dan berlubang
3. Mengecat kembali

Pengecatan ulang rangka atap membran

3 tahapan diatas merupakan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan permukaan rangka membran yang kembali bersih. Jika struktur rangka masih memiliki kekuatan yang stabil 3 tahapan diatas bisa dilakukan. Jika kekuatan rangka sudah tidak stabil maka perlu diadakan inspeksi mendetail akan titik-titik yang mengalami perlemahan struktur. Hasil inspeksi tersebut digunakan untuk mengambil keputusan akan perlakuan struktur yang mesti diberikan. 

Pengecatan ulang rangka atap membran

Waktu pelaksanaan maintenance membran yang baik adalah : 

1 tahun untuk pencucian atap
3-4 tahun untuk pengecatan ulang
5 tahun untuk inspeksi kekuatan rangka & ikatan membran

Jika proses tersebut diatas dilakukan secara berkala sesuai dengan waktunya, maka konstruksi tenda membrane yang sudah terpasang akan mampu bertahan lama. Konstruksi membran yang tanpa perawatan akan menurun kualitasnya pada tahun kedua. Pastikan anda menggunakan kontraktor yang berpengalaman dalam membuat dan merencanakan struktur tenda membran.

Pesona Membrane merupakan tim ahli spesialis konstruksi tensile membrane. Hasil pekerjaa  kami sudah tersebar di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang & Bekasi. Pekerja kami selalu mengutamakan mutu bahan & mutu pekerjaan agar hasil konstruksi tensile membran kami dapat bertahan lama dan selalu terlihat kokoh. 

Selain itu kami juga bersedia melakukan pekerjaan maintenance yang memang dibutuhkan oleh setiap struktur membran untuk dilakukan secara berkala.