"

Kontraktor Spesialis Atap/Kanopi Membrane

Rencana Desain Tenda Membrane Gerbang Hotel - Jawa Barat


Sebuah hotel bintang 5 dikawasan Cirebon Jawa Barat membutuhkan jasa kami untuk mendesain dan membangun konstruksi tenda membrane untuk berbagai area dikawasan hotel yang cukup luas.

Kebutuhan konstruksi tenda membrane baru antara lain untuk gerbang, hall serta area rooftop yang melingkar.

Perspektif tenda membrane gerbang hotel

Perspektif tenda membrane gerbang hotel

Tampak atas tenda membrane gerbang hotel'

Desain gerbang pertama berupa dua buah sayap membrane membentang dikiri dan kanan sebagai arah masuk serta keluar bangunan. Desain ini memanfaatkan pulau serta pos ditengah untuk menempatkan pondasi serta tiang membrane agar kuat menopang bagian kiri dan kanan sayap. 

Jarak antar tiang sebesar 5 meter memaksimalkan naungan agar pos satpam dan aktivitasnya dapat ternaungi dengan baik. Sayap kiri dan kanan tidak memerlukan topangan tiang lagi agar tidak mengganggu jalur kendaraan maupun pejalan kaki.


Perspektif tenda membrane Hall


Perspektif tenda membrane Hall

Sebuah hall memanjang diantara bangunan juga membutuhkan naungan membrane agar teduh dan terlihat estetis. Kami mendesain rencana membrane ini dengan bertopang pada struktur atap dak masing-masing bangunan. Kremona atau truss baja didesain melengkung agar susunan rangka tersebut dapat menjadi elemen estetika yang menaungi hall. 

Lebar naungan hall 8 meter dilebihkan kiri dan kanannya masing-masing sejauh 1 meter agar dapaat menghindari tampias air hujan memasuki hall namun dengan tetap mengijinkan sirkulasi udara untuk masuk.


Perspektif tenda membrane gerbang hotel


Perspektif tenda membrane gerbang hotel





Tampak atas tenda membrane gerbang hotel

Desain gerbang kedua berbeda dengan gerbang pertama, kalau gerbang pertama membentuk sayap kiri dan kanan, gerbang ini membentuk gelombang naik turun sepanjang lebar jalur. Desain bentuk ini ditujukan agar pemanfaatan kanopi membrane sebagai naungan juga berfungsi sebagai elemen estetika yang menyambut pengunjung dari luar.


Tampak atas tenda membrane rooftop


Perspektif tenda membrane rooftop

Area rooftop pada suatu bagian hotel memiliki void yang melingkar sesuai massa bagian bangunan ini. Void yang ada semula difungsikan sebagai bukaan cahaya matahari serta udara untuk taman dibawahnya. Namun seiring penggunaannya banyak dialami tampias air hujan yang mengalir keluar taman hingga ke lantai bangunan. Karena itu kami perlu mendesain tenda membrane yang cocok untuk keperluan ini. 

Desain tenda membrane dibuat melingkar dengan mengikuti void yang ada. Topangan-topangan tiang dirancang menggunakan angkur chemical yang disematkan ke atap dak. Penggunaan angkur chemical ini perlu berhati-hati agar tidak melubangi dak yang ada. Pembuatan lubang angkur diarahkan agar cukup dalam namun tidak sampai menembus tebal dak. Angkur ini menjadi sumber kekuatan bagi tenda membrane void, serta menahan gaya tarikan tensile membrane dan angin. Selain mengikuti lingkaran void, bentangan membrane juga dibuat melebihi sebesar 50cm agar tampias dapa diminimalisir sekaligus mengijinkan sirkulasi udara tetap lancar.