"

Kontraktor Spesialis Atap/Kanopi Membrane

Konstruksi Tenda Membrane Kantor Pemerintahan - Jakarta Pusat


Sebuah kantor pemerintahan dikawasan Jakarta Pusat membutuhkan shelter parkir untuk menaungi area parkir pegawai eselon. Area parkir ditujukan untuk memuat 6 kendaraan roda 4. Alasan penggunaan tebda membrane adalah agar naungan parkir dapat berfungsi dengan bentangan yang memadai tanpa memerlukan tiang tengah. Selain itu diharapkan naungan ini dapat berdiri harmonis dengan rumah kaca dibagian belakangnya.

Hasil shelter parkir eselon terpasang

Pada foto hasil terlihat rangkaian besi lengkung dan lurus membentuk rangka untuk kekuatan tenda membrane. Rangka ini memberikan daya tahan struktur dari tarikan tensile membrane yang sangat kuat. Kuatnya tarikan membrane ini bertujuan agar pemasangan tenda membrane dapat kencang maksimal tanpa ada kendur. Karena kendurnya kain membrane dapat membahayakan konstruksi secara keseluruhan. Karena itu besi yang kami gunakan harus mumpuni dan kuat.

Bahan besi yang sudah dibending

Bahan besi lurus dan lengkungan atau bending disiapkan di workshop sesuai dengan gambar perencanaan yang kami buat sebelumnya. Akurasi ukuran pemotongan serta lengkungan harus diperhatikan untuk terbentuknya struktur rangka yang stabil.

Bahan besi yang sudah dibending


Umpak pondasi dan baseplat

Selagi bahan rangka difabrikasi di workshop, kami merencanakan galian untuk pondasi-pondasi tiang. Pondasi yang kami gunakan merupakan pondasi tapak beton bertulang setempat dengan ukuran 60x60 cm serta kedalaman 80 cm. Pondasi ini akan membuat rangkaian konstruksi stabil dari bawah dan menahan goyangan akibat terpaan angin.

Persiapan pemasangan kain membrane

Tenda membrane terpasang

Tenda membrane terpasang



Tenda membrane dalam proses pengencangan

Pemasangan rangka dilokasi dilakukan setelah komponen-komponen rangka selesai difabrikasi di workshop. Panduan gambar kerja juga kami gunakan dalam proses ereksi ini agar keseluruhan hasil perencanaan dapat diterjemahkan dengan baik menjadi rangka yang sesuai rencana

Proses pemasangan sayap membrane kiri

Sambungan membrane dengan besi menggunakan camplate & drat

Setelah rangka membrane berdiri langsung dilakukan proses finishing besi menggunakan cat semprot, proses finishing ini membutuhkan waktu 1 s.d 2 hari dan 1 hari untuk menunggu kering. Setelah itu bahan membrane yang sudah dirakit di workshop dapat dibawa dan dipasang di rangka yang sudah siap.